Berita

Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Saat Kulit Berjerawat Menurut dr. Richard Lee

Jerawat bisa datang karena beberapa alasan, baik karena faktor keturunan atau juga faktor eksternal yang berpengaruh ke internal. Yap, asupan makanan mengambil porsi besar dalam tubuh yang bisa mempengaruhi banyak hal, seperti jerawat, stres, hingga kurang tidur.

Untuk itu, agar terhindar dari masalah kulit, terlebih jerawat, kamu tidak hanya perlu selektif memilih produk yang cocok di kulit, tapi juga selektif memilih makanan yang dikonsumsi. Dilihat dari penjelasan dr. Richard Lee, berikut ini beberapa makanan yang perlu kamu hindari saat kulit berjerawat, yuk simak!

Makanan dan minuman yang kaya gula

Kenyataannya makanan yang ada di sekitar kita memiliki kandungan gula. Tentu saja, hal ini membuat kita susah untuk menghindari semua makanan sekaligus. Misalnya nasi yang menjadi makanan pokok orang Indonesia. Walaupun tidak terlalu tinggi, nasi  masih memiliki kandungan gula. Namun, menurut dr. Richard, tidak perlu terlalu ekstrem untuk menghindari nasi, kamu hanya perlu mengurangi porsinya.

Selain itu, coba berfokus pada makanan lain yang sebenarnya memiliki kandungan gula yang jauh lebih tinggi dari nasi dan tidak terlalu dibutuhkan tubuh. Misalnya saja, minuman boba, minuman kaleng, kue, dan biskuit.

Dr. Richard Lee menjelaskan, makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi akan merangsang Insulin Glikemik Indeks yang tinggi dalam tubuh sehingga merangsang hormon androgen yang kemudian ‘membangunkan’ kelenjar sebum untuk memproduksi lebih banyak sebum di kulit. Akhirnya, kulit jadi rentan berjerawat.

Produk susu

Produk susu memiliki asam amino yang tinggi sehingga dapat menaikkan hormon androgen pada tubuh. Di saat yang sama, kelenjar sebum jadi meningkat dan wajah menjadi lebih berminyak. Kalau sudah begini, jerawat jadi lebih rentan timbul.

Untuk itu, kamu yang lagi berjerawat, sebaiknya hindari atau mengurangi produk olahan susu seperti susu sapi, yogurt, keju, dan es krim. Untuk es krim sendiri, tidak hanya mengandung banyak susu tapi juga gula. Jadi, enggak salah kalau produk ini bisa meningkatkan risiko seseorang berjerawat.

Junk food

Selain makanan dan minuman di atas, menurut dr. Richard Lee ada lagi makanan yang tanpa disadari juga membawa keburukan bagi kulit, adalah junk food. Makanan seperti ayam goreng, pizza, kentang goreng, dan hot dog disebutkan tidak memiliki nilai gizi sama sekali dan bisa menghancurkan antioksidan dalam tubuh atau radikal bebas. Selain itu, milkshake juga termasuk jenis junk food. Parahnya, milkshake tidak hanya junk food, tapi juga termasuk dalam produk susu dan minuman dengan kaya gula. Jadi, sebaiknya berpikir ulang dulu sebelum mengonsumsi jenis makanan dan minuman tersebut, ya.

Selain tiga jenis makanan dan minuman di atas, sebaiknya konsumsi makanan yang baik bagi tubuh dan kulit. Salah satunya, makanan yang mengandung omega-3. Menurut dokter dengan 2,49 juta subscribers ini, omega-3 bersifat anti-inflamasi sehingga akan meredakan jerawat dan mengurangi kelenjar sebum berlebih. Selain itu, makanan dengan kandungan probiotik, minuman green tea, dan semua jenis sayur-sayuran serta buah-buahan.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan skin care MRASkin Glow yang aman dan sudah bersertifikat BPOM. Karena MRASkin Glow menggunakan bahan-bahan premium dan yang pastinya aman yang sudah diuji kualitas nya sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan produk – produk dari MRASkin Glow. Untuk tau informasi lebih jelas dan pembelian produk produk MRASkin Glow bisa langsung saja cek di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.