Berita

Kesalahan Umum Menggunakan Skincare di Usia 40-an

Seiring bertambahnya usia, tekstur kulit tentu akan mengalami perubahan signifikan yang ditandai adanya tanda-tanda penuaan. Apalagi memasuki usia 40-an yang disebut oleh para ahli sebagai titik kritis penuaan.

“Inilah saat penuaan tampak paling dramatis, menjadi kurus, berkerut, kering, dan kusam,” kata Hadley King, dokter kulit bersertifikat di New York, Amerika Serikat, seperti dilansir dari laman Real Simple.

Untuk itu, dibutuhkan perawatan kulit ekstra dengan menggunakan skincare yang tepat agar kulit wajah tetap kencang dan awet muda. Namun sayangnya, masih ada beberapa orang yang melakukan kesalahan saat menggunakan skincare lho.

Meskipun terkesan sepele, kesalahan tersebut jika terus dibiarkan berdampak buruk bagi kulit. Bahkan mempercepat penuaan dini. Lantas, apa saja kesalahan penggunaan skincare yang umum terjadi di usia 40-an? Berikut selengkapnya.

1. Mengabaikan sunscreen

Memasuki usia 40 tahun, ketahanan kulit tentu tidak seprima saat usia 20-an. Oleh sebab itu, kulit membutuhkan perlindungan ekstra untuk mencegah paparan sinar matahari, yakni dengan menggunakan sunscreen.

Pasalnya, paparan sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini yang ditandai dengan munculnya kulit kusam, kering, hingga noda hitam.

“Paparan sinar matahari adalah salah satu alasan terbesar wanita melihat perubahan pada kulit mereka seiring bertambahnya usia Paparan sinar matahari menyebabkan garis-garis halus, kerutan, bintik matahari, hiperpigmentasi semua hal yang tidak disukai pasien saya. Untuk itu,  kamu dapat memakai sunscreen setiap hari untuk mencegah kerusakan di masa depan,” kata Dr. Bruce Katz dari Juva Skin & Laser Center di New York City, dikutip dari CNN Underscored.

2. Over exfoliation

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, termasuk dalam hal melakukan eksfoliasi kulit wajah.

Pengelupasan secara berlebihan dapat merusak skin barrier atau lapisan pelindung pada kulitmu. Sehingga kamu akan mudah mengalami berbagai permasalahan di wajah, seperti kerutan, garis-garis halus, jerawat, hingga noda-noda hitam.

“Terlalu banyak pengelupasan benar-benar dapat membuat kulit terlihat lebih buruk, merah dan teriritasi. Bahkan menggunakan waslap dan menggosok wajah kamu setiap hari dapat memperburuk kulitmu,” ujarnya.

Sebaliknya, Katz mengatakan untuk mengelupas kulit Anda sekali atau dua kali seminggu daripada setiap malam – dan pastikan untuk tidak mencampur produk pengelupasan di atas satu sama lain. “Jika Anda melepas riasan di penghujung hari dan mencuci kulit Anda, kebanyakan orang hanya perlu melakukan eksfoliasi secara berkala untuk menghilangkan sel kulit mati, minyak, dan kotoran.”

3. Tidak menghapus makeup

Tak dapat dipungkiri, membiarkan makeup menempel saat tidur dapat menyebabkan permasalahan kulit. Dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City, Dr. Doris Day mengatakan, makeup dapat menarik dan menahan polusi, dan ini beracun jika dibiarkan di kulit untuk waktu yang lama, seperti semalaman.

“Sebagai gantinya, penting untuk membersihkan kulit dengan benar dan menghilangkan semua makeup dan polusi yang terakumulasi dari hari itu, tanpa melucuti kulit secara berlebihan atau mengeringkannya,” kata dr. Day.

Cari pembersih yang cocok untukmu. Untuk membersihkan wajah secara maksimal, jangan ragu melakukan double cleansing.

4. Tidak memanfaatkan teknologi

Ada banyak sekali kemajuan dalam teknologi perawatan kulit, baik dalam bentuk suntikan kulit dan perangkat di rumah. Seringkali, perangkat di rumah ini menawarkan perawatan yang sebelumnya hanya tersedia di kantor dokter, seperti perawatan mikrodermabrasi atau arus mikro.

“Perawatan kulit bukanlah hal yang ‘sekali-sekali’ sehingga memasukkan alat ke dalam rutinitas di rumah Anda adalah hal yang mudah,” kata dokter kulit bersertifikat Dr. Mona Gohara. “Idealnya ketika saya mencari alat perawatan kulit di rumah, mereka harus sederhana, tidak rumit, kompak dan cepat. Tidak ada yang punya waktu untuk perawatan empat jam sepanjang waktu.”

5. Mengabaikan penggunaan skincare yang sesuai kebutuhan kulit

Direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai mengatakan sangat penting untuk mengembangkan rutinitas perawatan kulit seiring bertambahnya usia.

“Di atas usia 40 tahun, kulit cenderung lebih kering karena penghalang kulit melemah. Carilah produk yang mengandung kombinasi bahan emolien dan oklusif untuk membentuk segel pelindung pada kulit,” ujarnya.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan skin care MRASkin Glow yang aman dan sudah bersertifikat BPOM. Karena MRASkin Glow menggunakan bahan-bahan premium dan yang pastinya aman yang sudah diuji kualitas nya sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan produk – produk dari MRASkin Glow. Untuk tau informasi lebih jelas dan pembelian produk produk MRASkin Glow bisa langsung saja cek di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.