Berita

Perawatan Rambut Kusut yang Jarang Diketahui dan Mudah Dilakukan

Punya rambut yang mudah kusut memang cukup mengesalkan. Saat rambut orang lain bisa langsung rapi dan kembali seperti semula setelah tertiup angin, Anda malah harus berhadapan dengan rambut kusut dan berantakan. Karena sudah frustrasi menghadapi masalah ini, akhirnya Anda memilih memotong pendek rambut Anda sehingga masalah rambut yang kusut bisa berkurang.

Padahal memotong pendek rambut bukanlah pilihan yang tepat untuk cara mengatasi rambut kusut. Cara yang benar adalah merawat rambut agar sehat, lembap, dan lembut, karena masalah rambut kusut cenderung banyak dialami oleh rambut yang rusak dan kering.

Penyebab Rambut Mudah Kusut

Untuk menentukan perawatan yang tepat, Anda harus mengetahui lebih dulu tentang penyebab rambut kusut. Rambut yang kusut terjadi saat beberapa helai rambut saling tersangkut dan kemudian terjalin sehingga membentuk gumpalan. Jika sudah membentuk gumpalan kusut ini, maka rambut akan sulit untuk disisir dan dipisahkan.

Ada beberapa jenis dan kondisi rambut yang cenderung mudah kusut, yaitu:

  • Rambut yang kering.
  • Rambut yang keriting alami.
  • Rambut yang panjangnya lebih dari sebahu.
  • Rambut yang rusak akibat terlalu sering bleaching dan terlalu sering terpapar sinar matahari terik.
  • Rambut yang rentan patah.
  • Rambut yang sering disisir dengan kasar dan kuat.
  • Rambut yang terlalu sering terpapar panas tinggi dari alat-alat penata rambut.
  • Rambut yang sering terpapar produk penata rambut, seperti hair spray, hair mousse, atau hair gel.

Pada jenis dan kondisi rambut ini, bagian kutikel rambut, yaitu lapisan terluar batang rambut yang berbentuk seperti sisik ikan, tidak dalam posisi rebah tapi terangkat. Saat bergesekan dengan helai rambut lain, kutikula rambut-rambut ini menjadi saling tersangkut. Semakin banyak rambut yang saling tersangkut, maka akan membentuk jalinan rambut yang kusut dan sulit untuk diurai.

Perawatan Rambut untuk Mencegah Rambut Kusut

Jika Anda menyadari bahwa rambut Anda termasuk yang mudah kusut, maka Anda bisa menerapkan tips perawatan rambut berikut ini

Menggunakan Nutritive Creambath

Bisa jadi selama ini Anda hanya menggunakan shampo saja saat keramas, karena tujuannya untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Sekarang saatnya untuk menggunakan nutritive creambath setelah bershampo. nutritive creambath dapat membantu menjaga kelembapan rambut dan melembutkan rambut yang kasar, terutama di bagian ujung rambut. Untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal, setelah mengaplikasikan nutritive creambath, diamkan dulu selama beberapa menit di rambut. Setelah itu, baru bilas sampai bersih.

Bilas rambut dengan air dingin

Setelah keramas, bisa semua sisa shampo dan kondisioner menggunakan air dingin. Air hangat dapat membuat kutikel rambut terangkat dan terbuka, sementara air dingin dapat membantu membuat kutikel rambut rebah dan menutup.

Keringkan rambut basah secukupnya

Mungkin agar rambut cepat kering, Anda menggosok rambut menggunakan handuk dengan semangat. Anda juga membungkus rambut dengan handuk dan memilinnya dengan erat agar air di rambut bisa terserap dengan cepat oleh handuk. Padahal, cara ini malah membuat rambut mudah rusak. Sebaiknya keringkan rambut dengan cara ditepuk-tepuk dengan handuk, lalu biarkan kering alami. Hindari menyisir rambut saat rambut basah karena dapat membuat rambut patah.

Menggunakan sisir bergigi jarang

Jika selama ini Anda terbiasa menyikat rambut menggunakan hair brush, maka sampai masalah rambut kusut Anda selesai, ada baiknya Anda beralih dulu menggunakan sisir bergigi jarang. Sisir jenis ini dapat membantu Anda merapikan rambut sekaligus mengatasi jika ada rambut yang kusut tanpa menariknya terlalu kencang.

Menggunakan sarung bantal satin atau sutera

Sering terbangun dengan rambut kusut? Coba Anda ganti sarung bantal menggunakan yang berbahan satin atau sutera. Permukaan kain yang licin mencegah rambut bergesekan dengan kain sarung bantal yang bertekstur lebih kasar, misalnya kain katun. Sarung bantal katun juga membuat rambut kering karena menyerap air dan minyak di rambut.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan skin care MRASkin Glow yang aman dan sudah bersertifikat BPOM. Karena MRASkin Glow menggunakan bahan-bahan premium dan yang pastinya aman yang sudah diuji kualitas nya sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan produk – produk dari MRASkin Glow. Untuk tau informasi lebih jelas dan pembelian produk produk MRASkin Glow bisa langsung saja cek di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.