Berita

Tips Merawat Kulit agar Tetap Sehat Saat Menstruasi

Saat menstruasi atau datang bulan, tubuh mengalami banyak sekali perubahan. Mulai dari hormon, mood yang berubah drastis dalam waktu singkat, fisik, hingga perubahan kondisi dan munculnya masalah kulit.

Berbicara soal masalah kulit, kita tidak bisa menganggap remeh, nih. Sebab, masalah yang muncul pada kulit saat menstruasi bisa tak terduga dan berbeda di setiap orang. Ada yang menjadi lebih berminyak, kering, atau bahkan timbul jerawat dan kusam. Kalau masalah ini sudah muncul, pasti bikin mood juga berantakan, bukan?

Supaya kulit tetap sehat dan meminimalkan munculnya masalah, berikut ada beberapa tips merawat kulit saat menstruasi. Apa saja? Simak, yuk!

1. Rutin gunakan pelembap

Menjelang menstruasi, ada dua kondisi kulit yang bisa jadi kamu alami, nih, Bela. Yakni, kulitmu menjadi lebih kering, atau bahkan menjadi lebih berminyak. Tergantung jenis kulit yang kamu miliki.

Kondisi ini terjadi karena menjelang menstruasi, tubuh akan mengeluarkan hormon estrogen yang berefek pada berkurangnya kadar air di dalam kulit.

Jika kamu memiliki kulit yang kering, kemungkinan, kamu akan mengalami kulit yang lebih kering dari biasanya saat menstruasi. Maka dari itu, pastikan untuk selalu menjaga kelembapan kulitmu. Gunakan pelembap yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, serta perbanyak minum air putih agar kulit selalu terhidrasi secara optimal.

2. Jangan terlalu sering mengeksfoliasi kulit

Mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati memang perlu kita lakukan secara rutin agar kulit tidak terlihat kusam. Namun, kegiatan ini perlu diperhatikan saat menstruasi, Bela. Kulit, terutama wajah, menjadi lebih sensitif dari biasanya saat datang bulan. Maka dari itu, jangan terlalu sering mengeksfoliasi kulit saat menstruasi. Sebab, bisa menimbulkan iritasi karena kondisi kulit sedang sensitif.

Jika kamu memang ingin mengeksfoliasi kulit, pilih produk eksfoliasi dengan scrub lembut atau butiran yang lebih kecil. Hal ini dapat meminimalkan iritasi pada kulit yang sedang dalam kondisi sensitif.

3. Pijat lembut pada wajah

Daripada mengeksfoliasi kulit dengan risiko iritasi karena kulit sedang dalam kondisi sensitif, lebih baik melakukan pijatan lembut pada wajah. Pijatan ini dapat melancarkan peredaran darah, sehingga kulit bisa menjadi terlihat lebih segar, lembut dan kenyal.

4. Penuhi kebutuhan mineral tubuh

Saat menstruasi, tubuh berisiko kehilangan mineral tubuh yang mengakibatkan munculnya anemia. Maka dari itu, cukupi kebutuhan mineral pada tubuh dengan banyak minum air putih, mengonsumsi sayuran hijau, hingga tambahan suplemen dan multivitamin agar menghindarkan tubuh dari anemia.

5. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan kaya akan serat

Saat menstruasi, karena pengaruh perubahan hormon, tentu nafsu makan kita juga ikut meningkat. Biasanya, kita akan jadi mudah lapar dan ingin terus mengonsumsi makanan. Demi cepat dan praktis, junk food menjadi pilihan utama untuk dikonsumsi. Padahal, makanan tersebut dapat memicu risiko lain, lho. Seperti sembelit, atau munculnya jerawat.

Supaya menghindari risiko tersebut, jangan lupa untuk menyeimbangkannya dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan kaya akan serat. Misalnya, mengganti camilan dengan buah potong, atau mengganti kopi dengan smoothies. Sama-sama enak, tapi jauh lebih sehat.

Itulah tadi cara merawat kulit saat sedang menstruasi agar tetap sehat. Sudah mulai melakukannya secara rutin ?

Menggunakan skin care MRASkin Glow yang aman dan sudah bersertifikat BPOM. Karena MRASkin Glow menggunakan bahan-bahan premium dan yang pastinya aman yang sudah diuji kualitas nya sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan produk – produk dari MRASkin Glow. Untuk tau informasi lebih jelas dan pembelian produk produk MRASkin Glow bisa langsung saja cek di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.